Wisata Halal di Lombok,Ini Wajib Dicoba!

Sukses dinobatkan sebagai destinasi halal terbaik pada 2015, Lombok kembali menyabet penghargaan serupa pada tahun 2016. Hal ini tentu memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pariwisata Lombok. Adapun wisata halal sendiri hadir untuk mengakomodir kehadiran wisatawan muslim, khususnya yang berasal dari Timur Tengah, agar tetap nyaman beribadat selama berwisata.

Lalu, apakah wisata halal ini hanya diperuntukkan bagi wisatawan mancanegara yang beragama Islam saja? Enggak kok, banyak juga wisatawan non muslim juga menggemari wisata halal. Hal ini karena keamanan dan kenyamanan baik dari sisi akomodasi maupun konsumsi berlabel halal. Bukan itu saja, wisatawan lokal pun juga bisa mencoba wisata halal di Lombok. Termasuk mencoba 4 kegiatan berikut ini.

Berkunjung ke Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center Mataram merupakan landmark terbaru sekaligus penyempurna julukan Lombok sebagai Pulau Seribu Masjid. Bangunan yang diresmikan sejak 15 Desember 2013 ini, bukan saja sebagai tempat ibadat, melainkan pusat informasi sejarah, budaya, dan budaya khususnya Islam di tanah Lombok secara keseluruhan. Masjid ini punya menara setinggi 99 meter yang melambangkan Asmaul Husna. Dari puncak menara ini, wisatawan dapat melihat keindahan kota Mataram dari ketinggian.

 

Menikmati Sunset di Pantai Senggigi

Sebelum menyeberang ke tiga gili di Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, ada baiknya singgah dulu di Pantai Senggigi. Pantai ini memiliki laut yang bersih dan jernih. Terumbu karangnya juga sangat lengkap, tak heran bila Senggigi juga menjadi salah satu spot snorkeling favorit di Lombok. Atraksi lain yang juga bisa dinikmati di Pantai Senggigi adalah sunset. Langit keemasan kala senja menjadi pemandangan yang begitu bikin menakjubkan mata.

Snorkeling di Gili Trawangan

Puas ke Pantai Senggigi, lanjutkan petualangan ke Gili Trawangan. Pulau kecil di seberang Lombok ini menjadi jujukan favorit snorkeling lantaran terumbu karangnya yang masih terjaga dengan baik. Selain fasilitas snorkeling di Gili Trawangan juga cukup memadai. Bahkan, wisatawan cukup datang dan akan disambut oleh penyedia jasa wisata bawah air yang berpengalaman.

Kuliner Khas Lombok

Selain alamnya yang menawan, Lombok juga terkenal dengan kulinernya yang lezat. Ayam Taliwang misalnya. Kuliner andalan Lombok ini paling mantap saat santap dengan plecing kangkung. Kemudian, ada sate bulayak yang menggunakan resep asli khas Suku Sasak Lombok. Ada pula sate rembiga, ares atau sayuran dari pelepah pisang, nasi balap pucung, bebalung hingga beberuk terong yang nikmat. Semua dengan mudah bisa dinikmati di warung, rumah makan, atau restoran yang tersebar di kota Mataram. Lebih mantapnya lagi, semua menu tersebut halal.

Leave a Reply